Laman

Kamis, 31 Maret 2011

Gelora Bung Karno Stadion Kebanggaan Bangsa Indonesia




Setiap penyelengaraan even olahraga Internasional Indonesia tak pernah melewatkan yang satu ini.Ya,Kompleks Olahraga Senayan,Jakarta.Jika kita bertanya apa istimewanya tempat ini,mungkin karena ada stadion olimpik Gelora Bung Karno yang menjadi landmark kawasan ini.


Stadion Gelora Bung Karno dibangun pada tahun 1958 untuk mennyambut perhelatan Asian Games IV 1962.Rusia memberi bantuan dana kepada Indonesia dalam proyek ini.Peletakan batu pertama dilakukan oleh Ir.Soekarno selaku presiden Indonesia pada waktu itu dengan disaksikan wakil perdana menteri Uni Soviet, Anastas Mikoyan.,peristiwa ini menandai dilmulainya pembangunan proyek spektakuler,stadion terbesar di Indonesia saat itu –atau mengkin sampai sekarang(hha).



 Nama stadion ini dahulu adalah Istana Olahraga Senayan (Istora Senayan)yang kemudian berubah namanya menjadi Gelora Bung Karno untuk menghormati jasa beliau atas prakarsanya di masa pemerintahahnnya itu.



Stadion ini berstandar internasional dengan kapasitas sekitar 100.000 penonton (tanpa seat),namun pada renovasi menjelang piala Asia 2007,terjadi renovasi yang mengurangi kapasitas menjadi 88.083 penonton,karena dipasang seat (kursi individu), juga dilengkapi dengan seat VIP,tribun kelas I hingga III dan tribun media.Diatas tribun penonton terdapat atap baja yang menutupi stadion secara melingkar.Karena merupakan stadion olimpik,maka GBK ini terdapat jalur lari marathon mengelilingi lapangan utama.

Tribun stadion terdiri dari dua tingkatan utama (bahasa tekniknya :Tier) yakni tingkat pertama (ground tier) dan tingkat kedua (second tear). Tingkatan utama ditempati oleh seat untuk kelas VIP dan kelas I dengan posisi terdekat dengan lapangan, Kelas II di sudut lapangan dan kelas III di sisi belakang gawang.Sementara tingkatan kedua semuanya untuk seat kelas III.




Stadion GBK dikelilingi oleh beberapa sarana olahraga pendukung seperti kolam renang olimpik,lapangan tennis,voly,baseball,bulutangkis indoor ,Jakarta Convention Center (JCC) dan Masjid.Stadion dapat diakses dari delapan arah yang berbeda,lima diantaranya untuk menghubungkan pelataran stadion dengan jalan utama ,satu jalan untuk akses ke tempat parkir VIP dan parkir media. 


 
Gambar Oleh GooglePicture
Hak Milik Artikel oleh AdithLib,UltimateLibrary



Tidak ada komentar:

Posting Komentar